Mengkritisi Keberadaan Situs Alumni

Merdeka!

Halo guys.. bukan bermaksud menggeser undangan Endar tapi kebetulan uneg-uneg ini sudah naik sampe ke ubun2..

Sebenarnya, angkatan kita memiliki SDM yang lebih dari cukup hanya untuk sekedar membangun sebuah situs alumi. Sudah beberapa kali usaha sporadis dari beberapa pihak untuk membangun situs alumni harus kandas di tengah jalan. Apa sih yang kurang dari sebuah situs alumni untuk dapat (setidaknya) bertahan?

Well, mungkin hal pertama yang harus dirunut untuk menjawab adalah “untuk apa situs alumni itu dibangun?” (Lho.. nanya kok dibalas nanya..) Ya setidaknya fungsi utama dari situs alumni adalah perekat diantara (istilah Jawa-nya)balung pisah. Nah untuk memenuhi fungsi itu, dibuatlah fitur-fitur sedemikian rupa untuk mencapai tujuannya. Mungkin fitur yang terpenting adalah database keberadaan masing2 alumni. Kalo pun nggak bisa menyediakannya (mungkin terbentur space, programming, bandwith, atau yang lain..) ya setidaknya ada halaman yang memuat link profile masing2 alumni (friendster maybe? atau personal site..).

Fitur yang kedua yang tak kalah penting adalah kolom Berita. Bagaimana caranya supaya alumni yang tak sempat buka milis, mengikuti perkembangan kabar alumni yang lain.

Nah setelah fitur-fitur utama terpenuhi, baru kita tambahin fitur-fitur pendukung lainnya, seperti Foto Gallery, Event Calendar, In Memoriam page, else…

Dan yang tak kalah penting adalah punya nama domain! (Saya lihat tarnus6.or.id blum ada yang regis tuh..). Masak dari jaman .cc dulu masih mau pake domain gratisan aja.. Urusan pemilihan hosting juga perlu diperhatikan, mengingat banyak alumni (khususnya yang aktif buka web) berada di luar negeri. Dari segi harga juga hosting di US jauh lebih murah daripada hosting di IIX.

Situs alumni ini juga lebih dimaksudkan sebagai pelengkap dari milis tarnus6 yang sudah terbukti mampu menjadi media komunikasi yang handal dan tak pernah putus dalam tahun-tahun terkahir ini. Karen itu pulalah saya menanyakan aktivasi RSS Newsfeed yahoogroups untuk milis tarnus6.. mau gw grab ke rancangan situs alumni yang gw buat…

Ya begitu dulu lah cuap-cuap saya.. semoga membuat sore Anda menjadi lebih indah! Semoga membuat alumni tarnus6 makin melekat. semoga membuat bangsa makin merdeka (??), semoga.. semoga.. oh semoga… (ngimpi.. zz..zz..zzzzz….)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: