Prosesi pemakaman jenazah Lettu Febi Fitrian

Pembaca, berikut kami laporkan jalannya pemberangkatan jenazah Alm Febi Fitrian, rekan dan sahabat kita tercinta, dari bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta.

(rekaman chat dengan Abimanyu, via yahoo mesenger, minggu 28-06-08 )

andie: Rekan Abimanyu, bagaimana pantauan situasi dilapangan?

Abimanyu: Rombongan alumni menuju k halim

Abimanyu: Agoeng sdh d halim, Aku menyusul dgn 2 mbl. Yg brkt dr rmbnganku, B Paul Gurusinga TN1, B Komang TD TN1, B Syarif Syahrial, B Danang TN5, Ak, Yuli Cahyono, Hari Nugroho, Kharisma, Ferry Nugroho, Fathoni, Alvernia Rendra TN10, Guntur Setiono TN10
Andie: rekan abimanyu, menurut rencana kapan jenazah akan diberangkatkan ke cirebon?

Abimanyu: Sore ini jg, Rekan febi ad dlm 7 jenazah yg dikrm awal dgn CN235 menuju Cirebon, Rekan Alradix menanti d Cirebon

(10 menit kemudian)

Abimanyu: Ak sdh d samping peti jenazah febi. Ad tmbhan yg dtg, Anton Maulana, Sandy Wardhana, Denny Dilham, Andi PK, Simon Mantiri, Agoeng PN, Eko Wahyudi.

Last update from Abimanyu at halim pukul 18:57, Jenazah akan diberangkatkan lewat jalan darat.

info dari bang Komang TD, Tarnus 1, dikutip dari ikastara.org=

kami disambut oleh Lettu Sugiono TN5 dgn Kapten Akal Juang TN3, Kapten Fata TN3, dan Mayor ALi Gusman TN1. Kemudian merapat Lettu Imron TN9 dan Letda Victor TN11.
Kurang lebih 6 jam kami berada di Halim menunggu kedatangan semua jenazah di pesawat naas tsb. Saat kami tiba, jenazah alm.Febi dan dua jenazah lain sudah ada di hanggar bertutupkan bendera merah putih.

Setelah upacara pelepasan oleh KSAU, kami mengikuti peti jenazah alm ke mobil ambulans yg akan membawa ke Cirebon. Kami bertemu dgn saudara alm. Sebagai penghormatan terakhir, seluruh alumni yg hadir dengan berbaris rapi melakukan penghormatan dengan tangan keatas.

Selamat jalan adikku, semoga damai engkau disana…

(informasi dan foto berita adalah sepenuhnya dari ikastara.org dan tarnus6, dimohon bila ingin mengutip berita agar menyebutkan sumber, reproduksi foto agar meninggalkan pesan tertulis di blog/website ini)

dikutip dari kompas.com (Minggu, 29 Juni 2008 | 10:32 WIB) Heiii… Jangan Foto Bertiga

LIMA belas orang alumni SMA Taruna Nusantara Magelang berkumpul di rumah Andi Arvianto, alumni angkatan 6  bertempat di Komplek Perumahan Pertamina Gunung Dubbs, Sabtu (28/6) pukul 10.00 Wita. ANDI Arvianto, karyawan bagian keuangan PT Pertamina Balikpapan, tak mudah menghapus kenangan manis pertemuannya dengan Lettu Pnb Febi Fitrian, salah satu korban kecelakaan pesawat Cassa N212-200 di Gunung Salak Bogor, Kamis (26/6). Andi baru saja bertemu dan saling meledek dengan Febi di Kafe Kilang Mandiri, dekat Lapangan Merdeka, Balikpapan.

Febi terlihat sangat gembira karena istrinya baru saja melahirkan anak pertama. “Gue terbukti lebih perkasa. Gue nih… udah terbukti kejantanannya. Tinggal elu kapan?” tanya Febi kepada Andi. Selama bertemu, Febi tak henti-hentinya meledek Andi, karena sampai sekarang belum juga berumah tangga. Saat itu, Febi sedang bertugas mengantar rombongan VIP Presiden SBY yang meninjau Latihan Gabungan (Latgab) TNI di Kutai Timur.

Saat itu, beberapa kakak angkatan memperingatkan supaya jangan foto bertiga. “Heiii… jangan foto bertiga. Biasanya yang satu bakal kena musibah,” teriak abang-abang yang juga sedang mampir di Balikpapan dalam rangka Latgab. “Iya nih, gue yang di tengah. Yang penting kan setannya ada di pinggir,” kata Febi, sambil tertawa-tawa sembari memeluk Andi dan Ray Kelly, teman seangkatannya. Siapa sangka, tepat sepuluh hari setelah itu Febi yang menjadi kru pesawat Cassa N212-200 ditemukan sudah tak bernyawa.

(dari rekan Lettu Sigit Sasongko, TN 6, paskhas AU)

kalo dilihat dari kejadian kejadiannya,

Alm Lettu Pnb Harchus, OV-10 dari skadron udara 21 lanud Abd Saleh malang, 21 Juli 2005

Alm Letda Pnb Aliseus OV-10 dari skadron udara 21 lanud abd.saleh Malang, 23 Juli 2007
dan sekarang…

Alm Lettu Pnb Febi Fitrian, Cassa 212-200 no. reg A-2106 dari skadron udara 4 lanud Abd. Saleh, 26 Juni 2008

semuanya terjadi menjelang Hari bhakti TNI AU…yang diadakan setiap tanggal 29 Juli, hari tersebut mengenang jatuhnya pesawat AURI Dacota VT-CLA di desa Ngoto 3 km selatan djogjakarta yang membawa bantuan obat-obatan karena ditembak oleh kitty hawk-nya belanda. Pesawat tsb diawaki oleh elang2 Indonesia Komodor Muda Udara Adi Sutjipto, Komodor Muda Udara Abdurrahman Saleh serta Opsir Muda Adi Sumarmo. Mudah-mudahan kejadian kejadian yang menimpa elang-elang muda perkasa tadi dapat dijadikan instropeksi diri dalam menyambut Hari bhakti TNI AU kali ini bagi pemerintah sehingga ke depan bisa menyiapkan Alutsista yang lebih siap dan tangguh. ( thanks to Beta vidz )

selamat jalan para elang-elang muda perkasa……

Video Suasana di rumah duka febi fitrian (courtesy Metro TV)

Video Suasana kedatangan jenazah alm. Lettu Febi Fitrian di cirebon (courtesy Metro TV)

Barusan dapet amanah via SMS:

Bos,tlng dtulis  d mailist kl febi udh dmakamkan d pemakaman keluarga d gegesik cirebon jam stengah9 td.foto2nya insyaallah bsk aq upload.. -sms dr alradix-


Sempet juga kontak telpon dengan Dicky Alradix Djansena, bahwa pemakaman telah dilaksanakan jam 9 pagi. Jam 2 ini Dicky, yang sudah sejak Sabtu berada di Bogor, direncanakan pulang. Hati2 di jalan ya Dix! Terimakasih sudah mewakili kami yang tidak bisa hadir untuk menyampaikan belasungkawa, melakukan penghormatan kepada Febi, turut mengawal mulai dari Halim sampe Cirebon, mensholatkan dan memakamkannya.

14 Responses to Prosesi pemakaman jenazah Lettu Febi Fitrian

  1. M M mengatakan:

    wah.. berita yg di metro (embedded video) ada misleading y…
    1. bukan alumni AAU tapi alumni SEPA-PK
    2. Usia anaknya bukannya masih dibawah satu tahun y?

  2. piyut mengatakan:

    Selamat jalan temenku Febry Fitrian, semoga diterima disisi-NYA. Buat rekan2 TN6, maaf tidak bisa ikut bergabung di halim. Tiap jam aku selalu memantau perkembangan dari evakuasi pebhol mll berbagai sumber. Sampai sekarang, aku masih sering mengenang kenangan bersama pebhol di kelas 3 IPA 1. Semoga ini menjadi musibah yang terakhir buat rekan2 kita di militer, Amin!!!

  3. andieaw mengatakan:

    dari admin, pro MM= ya, benar, Febi adalah alumni sepa PK dan usia Aishel Casamoure Fitrian blm ada 1 tahun. Terima kasih atas kerjasama tim tarnus6 sehingga kami dapat menghasilkan data-data yang lebih akurat, tajam, dan terpercaya di blog ini.

  4. priandoyo mengatakan:

    Update terus ya. Terimakasih Bang informasinya

  5. sigitsas mengatakan:

    sedih bro…febi orangnya respeck banget…senior2 di malang rata2 bilang seperti itu….bagus kerjanya…rapi finishingnya….cepet lagi kalo lg nyelesain tugas kantor…ama gua aja respect abis yg notabene 1 angkatan TN…hormatnya full…apalagi ma seniornya….ama angatan 7 yang sekantor ma dia aja dia respeck bgt bro….
    kita sangat kehilangan teman terbaik kita….elang muda perkasa….sedih nih … mo nangis nulisnya……

  6. tusyalrasyid mengatakan:

    selamat jalan garuda mudaku
    patah tumbuh hilang berganti

  7. ibu-farissa mengatakan:

    walopun ga begitu kenal alm febi, tapi aku kenal istrinya ( anita perdanawati ), buat nita yang kuat and tabah ya nit..ikhlaskan kepergian febi.
    Allah swt punya rencana yg indah buat hambaNYA,peluk cium buat aishel

  8. Keluarga Febi mengatakan:

    Kami keluarga dari Alm Lettu (pnb) Febi Fitrian mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian, doa dan dukungan yang telah diberikan, terutama teman2 abang dari Tarnus angkatan 6 dan rekan letting PK nya abang.
    Semoga abang selalu di kenang di hati kita..
    Mohon doa nya selalu bwt abang dan keluarga yang ditinggalkan. Amien..
    Terima kasih.

  9. Tyas Utami Dibyantari mengatakan:

    Selamat jalan Abang…
    Smoga mendapat tempat terbaik di sisiNYA,
    dan keluarga yang ditinggalkan diberikah ketabahan.

    Sedikit berbagi saat sy menghadiri pemakaman Bang Febi:
    Istri bang Febi, teh nita, sangat tabah dan tegar….
    Sementara, Aishel putranya yang berusia 2 bulan (bukan putri) juga tenang saat ayahandanya dimakamkan.
    Nenek Aishel bilang: Bang Febi punya harapan kelak Aishel juga kan jadi penerbang…

    Tyas, 972109.

  10. Alradix Djansena mengatakan:

    Pengalaman saya selama di Cirebon.

    Jumat, 27 Juni : Siang saya merapat ke jakarta sambil terus memantau perkembangan hilangnya pesawat melalui rekan AU yg di Bogor dan intel untuk kemudian diinfokan ke pihak keluarga Febi karena mereka hanya mendapat info dari TV . Sore hari nya runtuhan pesawat ditemukan dan diperkirakan seluruh crew nya tidak ada yang selamat. Namun dalam hati kecil saya, tetap berharap kalo Febi bisa survive.
    Sabtu, 28 Juni : Evakuasi sudah mulai namun kesulitan karena lokasi yang sangat sulit. Saya putuskan untuk segera ke cirebon agar bisa menjadi penghubung ke keluarga Febi secara langsung. Sore hari saya sampai di rumah Febi di jalan Kusnan gg indra no:19, kondisi saat itu suasananya benar-benar menyedihkan. Seluruh kerabat Febi hanya bisa terdiam di depan TV terus memantau perkembangan di lapangan. Sementara Ibunya tidak henti2nya menangis.
    Minggu, 29 Juni : Evakuasi masih berlangsung namun helipad darurat yang sudah dibangun tidak layak untuk mendarat sehingga perlu waktu sekitar 5-6 jam ke Lapangan terdekat. Pagi saya ke rumah mertua Febi di jalan perjuangan dimana istri dan anaknya menanti di situ. Saat itu saya benar2 tidak tega melihat aishel karena belum sempat mendapatkan kasih sayang ayahnya tapi sudah ditinggal pergi secepat ini. Malamnya seluruh anggota keluarga bergerak ke Gegesik untuk menanti kedatangan jenazah Febi. Pukul 12.00 jenazah Febi tiba di rumah duka milik kakeknya yang letaknya hanya 50 meter dari pemakaman.
    Senin, 30 Juni : pukul 7.30 upacara pemakaman dimulai dengan inspektur upacara komandan lanud Sukani cirebon. pukul 8.30 jenazah dimakamkan. Sorenya saya kembali ke Bandung.

    Sampai saat ini saya masih belum bisa mempercayai kepergian Febi yang begitu cepat. masa depannya masih sangat panjang.kita sudah sama2 di TN, NDA dan sama2 mengabdi di AU sekarang. Saya dan Febi suka saling curhat untuk tetap semangat dalam pekerjaan. Sekarang dia sudah pergi untuk selamanya.

    Yang sudah pergi biarlah pergi semoga mati syahid dan diterima disisiNya. Amin.

  11. beta mengatakan:

    @Keluarga Febi:
    Pertalian emosi kami dengan Febi mungkin sudah lebih dari saudara. Kami belajar bersama, tumbuh bersama, menghadapi tantangan bersama, menata asa bersama. Sekarang, kami dan keluarga Febi pun sama-sama kehilangan. Segala bentuk perhatian, doa dan dukungan yang keluarga Febi terima dari kami, sebenarnya adalah bentuk duka kami juga.

    @Tyas Utami Dibyantari:
    Terimakasih sudah meluruskan info yang beredar.

  12. Ping-balik: Penuturan Lettu Alradix dan Testimonial keluarga alm. Febi Fitrian « Website Taruna Nusantara Angkatan 6

  13. Cay mengatakan:

    Ya Allah terimalah putra terbaik bangsa ini di sisi-Mu, karena dia adalah sahabat yang sempurna bagi kami…

  14. Teadi aulia mengatakan:

    Buat Adikku Febi…
    3 tahun di magelang…
    kamu adalah adik yang paling membanggakan bagi abangmu…
    kedekatan kita seperti saudara…
    abang sampai sekarang masih menyesal belum sempat ketemu kamu semenjak terakhir di magelang..
    selamat jalan adikku………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: